google3566074b48777c5f.htmlInilah Beberapa Kelas Pendaftaran Merek Yang Mesti Anda Ketahui | Jasa Pendaftaran Merek

Kelas Pendaftaran Merek Barang dan Jasa

Bagi Anda yang ingin mendaftarakan merek produk Anda…..beberapa kelas inilah yang mesti Anda ketahui, kira-kira masuk kelas manakah produk Anda tersebut….

Kelas 1

Bahan kimia yang digunakan dalam industri, ilmu pengetahuan, fotografi, maupun dalam pertanian, holtikultura, dan kehutanan. Dammar buatan yang belum di proses, plastik yang belum di proses. Pupuk. Komposisi pemadam kebakaran. Sediaan sediaan mengeraskan dan memateri. Zat kimia untuk mengawetkan makanan. Zat penyamakan. Bahan perekat yang digunakan dalam industri. Kompos. Garam untuk mengawetkan selain daripada untuk bahan makanan.

Kelas ini tidak termasuk : Damar alam yang belum diolah (kelas 2). Produk kimia untuk digunakan dalam ilmu pengetahuan medis (kelas 5). Bahan perekat untuk keperluan tulis menulis atau rumah tangga (kelas 16).  Garam untuk mengawetkan bahan makanan (kelas 30). Pupuk dari jerami (kelas 31).

Kelas 2

Cat. Pernis. Lak. Bahan pencegah karatan dan kelapukan kayu. Bawan warna. Bahan penyaring. Damar yang belum diolah. Logam dalam bentuk daun dan bubuk untuk keperluan melukis, dekorasi, mencetak dan artis.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Damar yang belum diolah (kelas 1). Balau untuk mencuci (kelas 3). Bawan warna kosmetik (kelas 3). Bahan penyering untuk benih (kelas 5). Kotak cat (barang yang digunakan disekolah) (kelas 16). Cat dan pernis isolasi (kelas 17).

Kelas 3

Sedian sedian untuk memutihkan dan mencuci. Sedian untuk membersihkan, mengkilapkan, membuang lemak, dan menggosok. Sabun. Wangi wangian. Minyak sari. Kosmetika. Minyak rambut. Bahan pemeliharaan gigi. Sediaan pembersih dan sediaan toilet. Obat penghilang bau untuk manusia atau untuk hewan. Sediaan pengharum ruangan. Sediaan kebersihan berupa alat alat perlengkapan kecantikan.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Pembersih cerobong asap kimia (kelas 1). Obat penghilang bau selain untuk manusia atau untuk hewan (kelas 5). Batu asahan (alat tangan) (kelas 8)

Kelas 4

Minyak dan lemak untuk industri. Bahan pemulur. Zat untuk menghisap, membasahi, dan mengikat debu. Bahan bakar (termasuk minyak sari untuk motor) dan bahan penerangan. Lilin dan sumbu untuk penerangan.

Kelas 5

Sediaan farmasi dan ilmu hewan. Sediaan ilmu kebersihan untuk kebutuhan medis. Hasil makanan pantangan diadaptasi untuk keperluan medis atau keperluan ilmu hewan. Makanan bayi. Suplemen diet untuk manusia dan hewan. Plester, bahan pembalut, bahan penambal gigi dan untuk membuat gigi buatan. Bahan pembasmi kuman. Sediaan untuk membasmi binatang perusak. Bahan pembasmi jamur, bahan pembasmi rumput liar.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Sediaan kebersihan berupa alat alat kecantikan (kelas 3). Obat penghilang bau untuk manusia atau untuk hewan (kelas 3). Pembalut penyokong (kelas 10). Pengganti makanan, makanan dan minuman diet, diadaptasi untuk penggunaan medis atau ilmu hewan (kelas 29, 30, 31, 32, 33)

Kelas 6

Logam kasar serta campurannya. Bahan bangunan dari logam. Bangunan yang dapat dipindahkan terbuat dari logam. Bahan dari logam untuk rel kereta api. Kabel dan kawat bukan untuk listrik dan logam kasar. Barang barang besi, barang barang kecil dari besi. Pipa logam. Barang barang dari logam kasar tidak termasuk dalam kelas kelas lain. Pelikan (mineral).

Kelas ini tidak termasuk, khususnya ; Bauksit (kelas 1). Merkuri, antimony, alkalin, dan logam tanah (kelas 1). Logam lembaran dan bubuk untuk pelukis, dekorator, pencetak dan artis (kelas 2)

Kelas 7

Mesin dan perkakas mesin. Motor dan mesin. (kecuali untuk kendaraan darat). Kopling mesin dan komponen transmisi (kecuali untuk kendaraan darat). Alat pertanian selain yang dioperasikan secara manual. Alat pengeram.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Mesin dan perkakas mesin khusus tertentu. Perkakas dan alat tangan, dioperasikan secara manual (kelas 8). Motor dan mesin untuk kendaran darat (kelas 12).

Kelas 8

Perkakas dan alat tangan (dioperasikan secara manual). Pisau. Pisau cukur. Termasuk terutama alat yang dioperasikan secara manual yang digunakan yang digunakan sebagai alat dan dalam masing masing profesi. Pisau dari logam mulia. Pisau cukur listrik dan alat pemangkas rambut (perkakas tangan).

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Perkakas khusus tertentu. Perkakas dana alat mesin yang dijalankan oleh motor (kelas 7). Pisau bedah (kelas 10). Pisau kertas (kelas 16). Senjata olah raga anggar (kelas 28).

Kelas 9

Pesawat dan perkakas ilmu pengetahuan. Pelayaran. Penelitian. Listrik. Potret. Kinematografi. Timbang. Ukur. Sinyal. Pengawasan (pemeriksaan). Penolongan dan Pendidikan. Alat pembawa data magnetis. Disket rekaman. Pesawat penggerak otomatis yang bekerja dengan memasukkan uang atau kepingan logam kedalamnya. Kas register. Mesin hitung. Alat pemroses data dan komputer. Pesawat pemadam api. Pesawat dan perkakas untuk penelitian ilmu pengetahuan dalam laboratorium. Pesawat dan perkakas untuk mengontrol kapal, seperti pesawat dan perkakas untuk mengukur dan mengirim perintah. Bujur sangkar. Mesin kantor kartu berlobang. Semua program komputer dan perangkat lunak yang terlepas dari media perekaman atau cara dari dieminasi, itu adalah perangkat lunak yang direkam pada media magnetic atau diunduh dari sebuah remote jaringan komputer.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Pesawat elektronik untuk dapur (penggiling dan mixer untuk bahan makanan, alat pemeras buah buahan, penggiling kopi listrik, dsb) dan alat alat tertentu lainnya dan perkakas yang dijalankan dengan motor listrik (kelas 7) . Pesawat untuk memompa dan mengeluarkan bahan bakar (kelas 7). Pisau cukur dan alat pemangkas rambut listrik (perkakas tangan) (kelas 8). Pesawat listrik untuk memanaskan ruang atau untk memanaskan bahan cair, untuk memasak, ventilasi, dsb (kelas 11). Sikat gigi dan sisir listrik (kelas 21). Jam dan jam tangan dan pesawat pengukur waktu lainnya (kelas 11). Jam pengontrol. Pesawat hiburan dan permainan yang diadaptasi untuk digunakan dengan layar atau monitor display eksternal.

Kelas 10

Perkakas dan pesawat pembedahan, pengobatan, kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, lengan, mata dan gigi palsu. Barang barang ortopedi. Bahan bahan benang bedah. Termasuk terutama perkakas alat medis. Perabot khusus untuk penggunaan medis. Pembalut penyangga.

Kelas 11

Instalasi penerangan, pemanasan, penghasil uap, pemasakan, pendinginan, pendinginan, pengeringan, penyegaran udara, pembagian air dan instalasi kesehatan. Pesawat pengatur udara. Pemanas tempat tidur, botol air panas, pemanas listrik, atau bukan listrik. Bantalan (alas) dan selimut yang dipanaskan dengan listrik, bukan untuk tujuan medis. Ceret listrik. Perkakas masak listrik.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Perkakas penghasil uap (bagian dari mesin) (kelas 7). Pakaian yang dipanaskan dengan listrik (kelas 9)

Kelas 12

Alat untuk bergerak didarat, udara atau air. Motor dan mesin untuk kendaraan darat. Kopling dan komponen transmisi untuk kendaraan darat. Kendaraan bantalan air.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Bagian bagian tertentu kendaraan. Bahan rel kereta api dari logam. Motor, mesin kopling, dan komponen transmisi selain untuk kendaraan darat (kelas 7). Bagian dari motor dan mesin (segala jenis) (kelas 7).

Kelas 13

Senjata api. Amunisi dan proyektil. Bahan peledak. Kembang api. Termasuk terutama senjata api dan produk piroteknik.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Geretan (kelas 34)

Kelas 14

Logam mulia dan campurannya dan benda benda yang dibuat dari bahan bahan into atau disepuh dengan bahan bahan itu, tidak termasuk dalam kelas lain. Perhiasan. Batu berharga. Instrumen horologi dan chronometric. Termasuk terutama logam mulia dan pada umumnya perhiasan, jam dan jam tangan. Perhiasan (perhiasan imitasi dan perhiasan dari logam dan batu mulia). Manset. Jepitan dasi.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Barang barang tertentu dari logam mulia diklasifikasikan menurut fungsi dan tujuannya, misalnya : logam lembaran dan bubuk untuk melukis, dekorator, pencetak dan artis (kelas 2), campuran emas untuk dokter gigi (kelas 5), pisau (kelas 8), kontak listrik kelas (kelas 9), ujung pena dari emas (kelas 16), ceret (kelas 21), sulaman emas dan perak (kelas 26), kotak cerutu (kelas 34). Benda benda seni bukan dari logam mulia (diklasifikasikan menurut bahan dan benda benda tersebut).

Kelas 15

Alat musik. Piano mekanis dan aksesorisnya. Kotak musik. Alat musik listrik dan elektronik.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Peralatan merekam, transmisi, pengerasan dan reproduksi suara (kelas 9)

Kelas 16

Kertas. Karton dan barang barang terbuat dari bahan bahan ini, tidak termasuk kelas lain. Barang cetakan. Alat menjilid buku. Potret. Alat tulis menulis. Bahan perekat untuk keperluan tulis menulis atau rumah tangga. Alat untuk kesenian. Kuas untuk melukis. Mesin tulis dan alat akat kantor (kecuali perabot). Alat alat pendidikan dan pengajaran (kecuali perkakas). Bahan bahan plastik untuk kemasan (tidak termasuk dalam kelas lain). Huruf huruf cetak. Blok blok cetak. Termasuk kertas, barang barang yang terbuat dari bahan tersebut dan keperluan kantor. Termasuk pisau kertas. Duplikator. Lembaran, kantor dan karung kertas untuk pembungkus dan kemasan.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Barang barang tertentu terbuat dari kertas dan karton. Cat (kelas 2). Alat tangan untuk artis (misalnya ; sudip, pahat memahat) (kelas 8 kelas )

Kelas 17

Karet. Getah. Perca. getah, Asbes, Mika dan barang dari bahan bahan itu dan tidak termasuk dalam kelas lain. Plastik dalam bentuk menonjol untuk digunakan dalam manufaktur. Bahan bahan yang dipakai untuk pengemasan, merapatkan dan untuk menyekat. Tabung lentur bukan dari logam. Termasuk terutama bahan listrik, panas dan isolasi akustik dan plastik, untuk digunakan dalam manufaktur dalam bentuk lembaran, blok dan batangan. Bahan karet untuk vulkanisir. Bahan isian terbuat dari karet atau plastik. Pemisah anti polusi yang mengapung.

Kelas 18

Kulit dan kulit imitasi dan barang barang dari bahan bahan ini dan tidak termasuk dalam kelas lain. Kulit binatang, kulit halus. Koper dan tas. Payung hujan dan payung matahari. Tongkat. Cambuk, pakaian kuda dan pelana. Teermasuk terutama kulit, kulit imitasi, barang barang untuk perjalanan yang tidak termasuk dalam kelas lain dan pakaian kuda. Termasuk pakaian, alas kaki, tutup kepala.

Kelas 19

Bahan bangunan (bukan logam). Pipa kaku bukan logam untuk bangunan. Aspal. Pek dan bitumen. Bangunan yang dapat dipindahkan bukan dari logam. Monumen, bukan dari logam. Termasuk terutama bahan bangunan bukan dari logam. Termasuk kayu yang dikerjakan sebagian (misalnya : balok, papan, panel). Lapisan. Kaca bangunan (misalnya : ubin lantai, ubin kaca). Butir kaca untuk menandai jalan. Kotak surat yang dibuat dari bahan bahan tukang batu.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Bahan pengawet semen dan sediaan membuat semen anti air (kelas 1). Sediaan anti api (kelas 1).

Kelas 20

Perabot rumah, kaca, bingkai. Benda benda (tidak termasuk dalam kelas lain) dari kayu, gabus, rumput, bambu, rotan, tanduk, tulang, gasing, tulang ikan paus, kerang, amber, kulit mutiara, selloid dan bahan bahan penggantinya, atau dari plastik. Termasuk terutama perabot rumah dan bagian bagiannya dan barang barang plastik, tidak termasuk kelas lain. Termasuk perabot logam dan perabot untuk berkemah. Bahan bahan tempat tidur (misalnya : kasur, kasur pegas, bantal). Cermin dan perlengkpan atau cermin toilet. Papan nomor registrasi bukan dari logam. Kotak surat bukan dari logam atau bahan bahan tukang batu.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jenis khusus kaca tertentu, diklasifikasikan sesuai dengan fungsi atau tujuannya. Perabot khusus untuk laboratorium (kelas 9). Perabot khusus untuk penggunaan medis (kelas 10). Bahan bahan tempat tidur dari kain (kelas 24). Selimut dari bulu angsa (kelas 24).

Kelas 21

Perkakas rumah tangga atau dapur dan wadah kecil. Sisir dan bunga karang. Sikat, kecuali (kecuali untuk kuas untuk). Bahan bahan pembuatan sikat. Perkakas dan alat untuk membersihkan. Kulit besi untuk menggosok. Kaca yang belum dikerjakan atau dikerjakan sebagian (kecuali kaca yang digunakan didalam gedung). Barang pecah belah, porselen, dan barang barang tembikar, tidak termasuk dalam kelas lain. Termasuk terutama perkakas kecil yang dioperasikan secara manual untuk kegunaan rumah tangga dan dapur, maupun tolilet, barang pecah belah dan barang barang porselen. Termasuk khususnya : Alat dan wadah untuk penggunaan rumah tangga dan dapur, misalnya : alat alat dapur, ember, panic dari besi, aluminium, plastik atau bahan lainnya, alat yang dioperasikan secara manual untuk memancing, menggiling, memeras, dsb. Sisir listrik. Sikat gigi listrik. Kaki tempat masakan. Kaki karaf anggur.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Barang barang tertentu yang terbuat dari gelas, porselen dan tembikar. Sediaan pembersih, sabun, dsb (kelas 30). Alat untuk mencincang, menggiling, memeras, dsb. dijalnkan dengan listrik (kelas 7). Alat cukur, pemangkas rambut (perkakas tangan), peralatan dan alat untuk perawatan tangan dan kuku dan perawatan kaki dan kuku kaki (kelas 8). Alat masak, listrik (kelas 11). Cermin toilet (kelas 20).

Kelas 22

Tampar, tali, jala, tenda, kerai, kain terpal, layar, kantong, karung (tidak termasuk dalam kelas kelas lain). Bahan bahan pengisi (kecuali dari karet atau plastik). Serat kasar untuk pertenunan. Termasuk terutama produk pembuatan tambang dan layar, bahan bahan pengisi dan bahan tekstil tersebut mentah. Termasuk khususnya : Tali dan benang ikat terbuat dari serat tekstil alamiah atau buatan, kertas atau plastik.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jaring, kantong dan karung tertentu. Senar untuk alat musik (kelas 15)

Kelas 23

Benang untuk tekstil

Kelas 24

Tekstil dan barang barang tekstil tidak termasuk dalam kelas lain. Seprai. Taplak meja. Termasuk terutama tekstil (barang barang potongan) dan kain penutup dari tekstil untuk penggunaan rumah tangga. Termasuk lenan tempat tidur kertas.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Tekstil khusus tertentu. Selimut yang dipanaskan dengan listrik, untuk tujuan medis (kelas 10) dan bukan untuk tujuan medis (kelas 11). Lenan meja dari kertas (kelas 16). Selimut kuda (kelas 18).

Kelas 25

Pakaian. Alas kaki. Tutup kepala.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Pakaian dan alas kaki tertentu untuk penggunaan khusus.

Kelas 26

Kerawang dan sulaman. Pita dan tali sepatu. Kancing. Kancing tekan. Kait dan mata kait. Peniti dan jarum. Bunga buatan. Termasuk terutama barang barang untuk penjahit. Termasuk retsleting.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jenis kait khusus tertentu. Jenis jarum khusus tertentu. Benang untuk penggunaan tekstil (kelas 23).

Kelas 27

Permadani. Tikar. Linoleum dan bahan bahan lain yang dipakai sebagai alas lantai. Alas alas dinding (bukan tenunan). Termasuk terutama produk yang ditujukan untuk ditambahkan sebagai dekorasi pada lantai dan dinding yang telah dibangun.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Lantai kayu (kelas 19)

Kelas 28

Permainan serta alat alatnya. Alat alat senam dan olah raga, tidak termasuk dalam kelas lain. Perhiasan untuk pohon natal. Termasuk pesawat hiburan dan permainan yang diadaptasi untuk digunakan dengan layar atau monitor display eksternal. Alat penangkap ikan. Perlengkapan untuk berbagai olag raga dan permainan.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Lilin pohon natal (kelas 4). Peralatan menyelam (kelas 9). Lampu listrik (kalungan) untuk pohon natal (kelas 11). Jala jala ikan (kelas 22). Pakaian untuk senam dan olah raga (kelas 25). Kembang gula dan hiasa dari coklat untuk pohon natal (kelas 30).

Kelas 29

Daging. Ikan. Unggas dan binatang buruan. Buah buahan serta sayuran yang diawetkan dan dimasak. jel. Selai. Saus buah buahan. Telur. Susu dan produk susu. Minyak dan lemak yang dimakan. Termasuk terutama bahan makanan yang berasal dari binatang maupun sayuran dan produk perkebunan yang dapat dimakan dipersiapkan untuk konsumsi dan pengawetan. Termasuk minuman dari susu (susu sebagai bahan yang menonjol).

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Bahan makanan tertentu yang berasal dari tanaman. Makanan bayi (kelas 5). Zat zat pantangan yang disesuaikan untuk kegunaan medis (kelas 5). Suplemen diet (kelas 5). Bumbu kuah selada (kelas 30). Telur yang dipupuk untuk penetasan (kelas 31). Bahan makanan untuk binatang (kelas 31). Binatang hidup (kelas 31).

Kelas 30

Kopi. Teh. Kakao. dan bahan pengganti kopi. Beras. Tapioka. Sagu. Tepung dan sediaan terbuat dari gandum. Roti. Kue dan kembang gula. Es konsumsi. Gula. Madu. Sirup. Ragi. Bubuk untuk membuat roti. Garam. Mustard. Cuka. Saos (rempah rempah). Bumbu bumbu. Es. Termasuk terutama bahan makanan yang berasal dari tanaman dibuat untuk konsumsi atau pengawetan, maupun sebagai bahan penolong yang diperuntukkan untuk memperbaiki rasa makanan. Termasuk khususnya : minuman dengan dasar kopi, kakao atau coklat. Gandum yang dibuat untuk konsumsi manusia (misalnya : flaek gandum dan yang terbuat dari gandum lainnya).

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Bahan makanan tetentu yang berasal dari tanaman. Garam untuk mengawetkan selain dari pada bahan makanan (kelas 1). Teh obat dan zat zat pantangan yang disesuaikan untuk penggunaan medis (kelas 5). Makanan bayi (kelas 5). Suplemen diet (kelas 5). Gandum mentah (kelas 31). Bahan makanan untuk hewan (kelas 31).

Kelas 31

Hasil hasil pertanian. Perkebunan, kehutanan dan jenis gandum yang tidak termasuk dalam kelas lain. Hewan hidup. Buah buahan dan sayur sayuran segar. Benih benih, tanaman dan bunga hidup. Makanan untuk hewan. Gandum. Termasuk khususnya : Kayu mentah. Gandum mentah. Telur yang dipupuk untuk penetasan. Moluska dan crustacean (hidup).

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Pembiakan mikro organisme dan lintah untuk tujuan medis (kelas 5). Suplemen diet untuk hewan (kelas 5). Kayu yang dikerjakan sebagian (kelas 19). Umpan hasil buatan (kelas 28). Beras (kelas 30). Tembakau (kelas 34).

Kelas 32

Bir. Air mineral. Air soda. Minuman lain yang tidak beralkohol. Minuman dan jus buah buahan. Termasuk khususnya : Minuman yang dihilangkan alkoholnya.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Minuman untuk tujuan medis (kelas 5). Minuman susu (susu merupakan bahan yang menonjol) (kelas 5). Minuman dengan dasar kopi, kakao, atau coklat (kelas 30).

Kelas 33

Minuman beralkohol, kecuali bir.

Kelas 34

Tembakau. Barang barang keperluan perokok. Geretan. Termasuk khususnya ; Pengganti tembakau (bukan untuk tujuan medis).

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Rokok tanpa tembakau, untuk tujuan medis (kelas 5). Barang barang keperluan perokok terbuat dari logam mulia (kelas 14).

KELAS JASA :

Kelas 35

Periklanan. Managemen usaha. Administrasi kantor. Fungsi kantor. Termasuk terutama jasa jasa yang diberikan oleh orang organisasi khusus dengan tujuan untuk : (1). Membantu dalam mengerjakan atau mengelola usaha komersial. (2). Membantu dalam pengelolaan urusan bisnis atau fungsi komersial suatu perusahaan industri atau komersial.

Maupun jasa jasa yang diberikan oleh perusahaan perusahaan asuransi terutama mengusahakan komunikasi kepada umum, pernyataan atau pengumuman dengan semua cara penyebaran dan tentang segala jenis barang atau jasa.

Kelas ini termasuk, khususnya : (1). Menyatakan, untuk kepentingan orang lain, berbagai jenis barang (tidak termasuk pengangkutannya), untuk memungkinkan para pelanggan dengan mudah melihat dan membeli barang barang tersebut, seperti jasa jasa yang mungkin disediakan oleh toko pengecer, tempat penjualan grosir, melalui surat order, catalog atau melalui media alat elektronik., misalnya melalui website atau program belanja di televisi. (2). Jasa jasa yang terdiri dari pendaftaran, penyalinan, penyusunan, penghimpunan, dari data matematik atau statistik. (3). Jasa jasa agen periklanan dan jasa jasa seperti pembagian prospektus, langsung atau melalui pos atau penyaluran contoh contoh. Kelas ini dapat merujuk pada periklanan sehubungan dengan jasa jasa lain, seperti jasa jasa tentang pinjaman bank atau iklan melalui radio.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jasa jasa seperti evaluasi serta laporan laporan par insinyur yang tidak langsung merujuk pada pengerjaan atau pengelolaan urusan data suatu perusahaan komersial atau industri.

Kelas 36

Asuransi. Urusan keuangan. Urusan moneter. Termasuk terutama jasa jasa yang diberikan dalam uruan keuangan dan moneter dan jasa jasa yang diberikan sehubungan dengan berbagai jenis kontrak asuransi.

Kelas ini termasuk, khususnya : (1). Jasa jasa sehubungan dengan urusan moneter berikut ini : a). Jasa jasa dari semua perusahaan perbankan atau lembaga lembaga berkaitan dengan itu semua seperti pialang valuta asing atau jasa jasa kliring. b). Jasa jasa lembaga kredit selain bank seperti asosiasi kredit koperasi perusahaan keuangan individu, para pemberi pinjaman dan sebagainya. c). Jasa jasa perusahaan yang menjual atau membeli efek dari perusahaan yang menguasai perusahaan perusahaan itu. d). Jasa jasa pialang saham dan properti. e). Jasa jasa sehubungan dengan pengeluaran cek wisata dan surat kredit. (2). Sewa atau sewa beli keuangan. (3). Jasa jasa para administrator real estate, gedung gedung, yaitu jasa jasa penyewaan, perkiraan, atau pembiayaan. (4). Jasa jasa yang berkaitan dengan dengan asuransi seperti jasa jasa yang diberikan oleh para agen atau pialang yang bergerak dalam bidang asuransi, jasa jasa yang diberikan kepada tertanggung dan jasa jasa pertanggungan.

Kelas 37

Termasuk terutama jasa jasa yang diberikan oleh para kontraktor atau sub-kontraktor  dalam pembangunan atau pembuatan gedung gedung permanen maupun jasa jasa yang diberikan oleh orang atau organisasi yang bergerak dalam perbaikan barang barang menurut keadaan semula atau dalam pemeliharaan barang barang tersebut tanpa merubah sifat sifat fisik dan kimiawinya. Kelas ini termasuk, khususnya : 1). Jasa jasa sehubungan dengan pembangunan gedung gedung, jalan, jembatan, bendungan, atau saluran transmisi dan jasa jasa spesialisasi dalam bidang konstruksi seperti tukang cat, tukang patri pemasang alat alat pemanas, tukang membuat atau memperbaiki atap. 2). Jasa jasa tambahan atas jasa jasa konstruksi seperti pemeriksaan rencana konstruksi. 3). Jasa jasa pembuatan kapal. 4). Jasa jasa yang terdiri dari penyewaan alat alat atau bahan bahan bangunan. 5). Jasa jasa reparasi yaitu jasa jasa yang membuat suatu obyek dalam keadaan baik setelah pemakaian, kerusakan, lapuk atau kerusakan sebagian (restorasi dari gedung yang ada atau obyek lainnya yang telah menjadi tidak semuanya dan harus dikembalikan pada keadaannya semula). 6). Berbagai reparasi bidang listrik, perabit, perkakas, alat dan sebagainya. 7). Jasa jasa perawatan untuk memelihara suatu obyek dalam keadaan semula tanpa merubah salah satu sifatnya (untuk perbedaan antara kelas ini dan kelas 40, lihat catatan kelas 40)

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jasa jasa yang terdiri dari penyimpanan barang barang seperti pakaian atau kendaraan (kelas 39). Jasa jasa yang berkaitan dengan pencelupan pakaian (kelas 40).

Kelas 38

Telekomunikasi. Termasuk terutama jasa jasa yang mengizinkan sekurang kurangnya satu orang untuk berkomunitas dengan orang lain dengan panca indera. Jasa jasa tersebut termasuk : 1). Mengizinkan seseorang berbicara dengan orang lain. 2). Mengirimkan berita dari satu orang kepada yang lainnya dan menempatkan seseorang dalam komunikasi lisan atau visual dengan lainnya (radio dan televisi). Kelas ini termasuk jasa jasa yang terutama terdiri dari penyebaran program radio atau televisi.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jasa jasa iklan radio (kelas 35). Jasa jasa telemarketing (kelas 35).

Kelas 39

Transportasi. Pengemasan dan penyimpanan barang. Pengaturan perjalanan. Termasuk terutama jasa jasa dalam pengangkutan orang dan barang dari satu tempat ke tempat lainnya (dengan kereta api, jalan, air, udara atau saluran pipa) dan jasa jasa yang berkaitan dengan transportasi maupun jasa jasa sehubungan dengan penyimpanan barang barang dalam suatu gudang atau gedung lainnya untuk pemeliharaan atau penjagaan orang dan barang tersebut.

Kelas ini termasuk, khususnya : 1). Jasa jasa yang diberikan oleh perusahaan perusahaan yang mengeksploitasi stasiun, jembatan, feri, kereta api, dan sebagainya, yang digunakan oleh para transporter. 2). Jasa jasa yang berkaitan dengan penyewaan kendaraan pengangkutan. 3). Jasa jasa berkaitan dengan kapal penyeret laut, pembongkaran, memfungsikan pelabuhan, dan galangan kapal dan menyelamatkan kapal yang rusak dan muatannya. 4). Jasa jasa sehubungan dengan pengepakan dan pengemasan barang barang sebelum dikirim. 5). Jasa jasa terdiri dari informasi tentang perjalanan atau pengangkutan barang barang oleh pialang dan agen pariwisata, informasi sehubungan dengan tarif jadwal dan metode pengangkutan. 6). Jasa jasa sehubungan dengan pemeriksaan kendaraan atau barang barang sebelum diangkut.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : 1). Jasa jasa sehubungan dengan usaha pengangkutan periklanan seperti penyebaran prospektus atau iklan radio (kelas 35). 2). Jasa jasa sehubungan dengan pengeluaran cek wisata atau surat kredit oleh pialang atau agen perjalanan (kelas 36). 3). Jasa jasa berkaitan dengan asuransi komersial, kebakaran, atau jiwa selama pengangkutan orang atau barang (kelas 36). 4). Jasa jasa yang diberikan oleh kendaraan perawatan dan reparasi, maupun perawatan dan reparasi obyek berkaitan dengan pengangkutan orang atau barang (kelas 37). 5). Jasa jasa berkaitan dengan pemesanan kamar hotel oleh agen atau pialang perjalanan (kelas 43).

Kelas 40

Penanganan material. Termasuk terutama jasa jasa tidak termasuk dalam kelas lain, diberikan oleh proses atau transformasi mekanis atau kimiawi obyek obyek atau zat zat anorganik atau organik. Untuk tujuan klasifikasi, merek dianggap sebagai merek jasa hanya dalam dimana pemrosesan atau transformasi dilakukan oleh orang lain. Suatu merek dianggap sebagai merek dagang dalam segala hal dimana zat atau obyek dipasarkan oleh orang yang memprose atau mentransformasinya.

Kelas ini termasuk, khususnya : Jasa jasa sehubungan dengan transformasi suatu obyek atau zat dan setiap proses yang melibatkan suatu perubahan dalam sifat sifat dasarnya (misalnya pencelupan pakaian). dengan demikian suatu jasa perawatan walupun biasanya dalam kelas 37 , dimasukkan dalam kelas 40 jika membawa perubahan tersebut (misalnya mengkrhrom bemper kendaraan bermotor). Jasa jasa penanganan material yang mungkin ada selama diproduksi suatu zat atau obyek selain daripada bangunan , misalnya jasa jasa yang melibatkan pemotongan, pembentukan, mengkilatkan, dengan cara menggosok atau penyepuhan logam.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jasa jasa reparasi (kelas 37)

Kelas 41

Pendidikan. Penyediaan latihan. Hiburan. Kegiatan olah raga dan kesenian. Kelas ini meliputi jasa jasa yang diberikan oleh orang orang atau lembaga dalam pengembangan kemampuan mental orang atau hewan, maupun jasa jasa yang dimaksudkan untuk hiburan atau untuk menarik perhatian. Kelas ini termasuk, khususnya : Jasa jasa yang terdiri dari segala bentuk pendidikan orang atau latihan hewan. Jasa jasa yang bertujuan darasrnya adalah hiburan dan rekreasi. Presentasi pekerjaan seni visual atau kesusasteraan kepada publik untuk tujuan kebudayaan atau pendidikan.

Kelas 42

Ilmiah. dan layanan teknologi dan penelitian dan desain yang berkaitan dengannya. Analisis dan penelitian industri jasa. Desain dan pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Terutama mencakup layaanan yang diberikan oleh orang orang secara individual atau kloektif dalam kaitannya ke teoritis dan praktis komplek aspek bidang kegiatan layanan tersebut, seperti jasa jasa yang disediakan oleh anggota profesi seperti ahli kimia, fisika, insinyur, pemrogram komputer. Kelas ini termasuk khususnya : 1). Layanan dari insinyur yang melakukan evaluasi, perkiraan, penelitian dan laporan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Bisnis penelitian dan evaluasi (kelas 35). Word processing dan jasa managemen file komputer (kelas 35). Keuangan fiskal dan evaluasi (kelas 36). Pertambangan dan ekstraksi minyak (kelas 37). Instalasi komputer (perangkat keras) dan layanan perbaikan (kelas 37). Layanan yang diberikan oleh anggota profesi seperti dokter, dokter hewan, ahli bedah, psikoanalis (kelas 44). Desain taman (kelas 44). Jasa hukum (kelas 45).

Kelas 43

Layanan untuk menyediakan makanan dan minuman. Akomodasi sementara.  Termasuk terutama mencakup layanan yang disediakan oleh orang atau instansi yang tujuannya adalah untuk menyiapkan makanan dan minuman untuk konsumsi dan jasa yang disediakan untuk mendapatkan tempat tidur dan papan di hotel. Termasuk khususnya : Layaanan reservasi untuk akomodasi wisatawan, terutama melalui agen agen perjalanan atau dokter. Boarding untuk hewan.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : 1). Jasa jasa penyewaan untuk real estate seperti rumah, rumah bertingkat, dll untuk penggunaan permanen (kelas 36). 2). Mengatur perjalanan agen wisata (kelas 39). 3). Jasa pengawetan makanan dan minuman (kelas 40). 4). jasa diskotik (kelas 41). 5). Asrama sekolah (kelas 41). 5). Rumah peristirahatan dan penyembuhan (kelas 44).

Kelas 44

Pelayanan medis. Jasa dokter hewan. Perawatan menurut ilmu kesehatan dan kecantikan bagi manusia dan hewan. Jasa pertanian, holtikultura dan kehutanan. Meliputi terutama perawatan medis, perawatan menurut ilmu kesehatan dan kecantikan yabg diberikan oleh orang atau instansi bagi manusia atau hewan, tetapi juga mencakup layanan yang berkaitan dengan bidang pertanian, holtikulturadan kehutanan. Termasuk khususnya : Jasa analisis medis yang berkaitan dengan perlakuan terhadap orang orang (seperti sinar X, pemerikaan dan pengambilan contoh darah). Jasa inseminasi buatan. Saran farmasi. Peternakan hewan. Jasa yang berkaitan dengan seni bunga komposisi bunga serta desain taman.

Kelas ini tidak termasuk khususnya : 1). Membasmi hama selain pertanian, holtikultura dan kehutanan (kelas 37). 2). Instalasi dan layanan perbaikan untuk sistem irigasi (kelas 37). 3). Transportasi ambulan (kelas 39). 4). Jasa pemotongan hewan dan taksidemi (kelas 40). 5). Penebangan dan pengolahan kayu (kelas 40). 6). Jasa pelatihan hewan (kelas 41). 7). Klub klub kesehatan untuk latihan fisik (kelas 41). 8). Jasa penelitian ilmiah untuk tujuan medis (kelas 42). 9). Boarding untuk hewan (kelas 43). 10). Rumah pensiun (kelas 43).

Kelas 45

Jasa hukum. Layanan keamanan untuk perlindungan properti dan individu, pribadi. Sosial jasa yang diberikan oleh orang lain untuk memenuhi kebutuhan individu. Termasuk khususnya : 1). Jasa yang diberikan oleh pengacara untuk individu, kelompok, organisasi dan perusahaan. 2). Penyelidikan dan layanan pengawasan yang berkaitan dengan keselamatan orang orang dan entitas. 3). Layanan yang diberikan kepada individu dalam hubungannya dengan kegiatan sosial seperti layanan pendamping sosial, lembaga perkawinan, layanan pemakaman.

Kelas ini tidak termasuk, khususnya : Jasa profesional memberikan bantuan langsung dalam operasi atau fungsi komrsial usaha (kelas 35). Jasa yang berkaitan dengan keuangan atau moneter dan jasa yang berhubungan dengan asuransi (kelas 36). Mengawal wisatawan (kelas 39). Transportasi keamanan (kelas 39). Jasa yang terdiri dari semua bentuk pendidikan untuk orang (kelas 41). Penampilan dari penyanyi atau penari (kelas 41). Jasa komputer untuk perlindungan perangkat lunak (kelas 42). Layanan yang disediakan oleh orang lain untuk memberikan pengobatan, perawatan menurut ilmu kesehatan dan kecantikan bagi manusia atau hewan (kelas 44). Jasa penyewaan tertentu.