google3566074b48777c5f.htmlPendaftaran Merek Menganut Sistem Konstitutif | Jasa Pendaftaran Merek

Pendaftaran Merek Sistem Konstitutif

Yang dimaksud dengan pendaftaran merek dengan sistem kostitutif adalah hak atas merek yang diperoleh melalui sistem pendaftaran.

Itu artinya hak eksklusif atas suatu merek dapat diberikan hanya karena adanya pendaftaran, sehingga pendaftaran merek adalah sesuatu hal yang mutlak.

sistem-konstitutif

Oleh karena itu merek yang tidak di daftarkan,maka tidak akan mendapatkan perlindungan hukum.

Dalam sistem pendaftaran konstitutif, prinsip penerimaan merek adalah first to file.

Artinya siapapun yang mendaftar lebih dahulu akan diterima pendaftaraannya dengan tidak mempersoalkan apakah si pendaftar benar-benar menggunakan merek tersebut untuk kepentingan usahanya.

Beberapa kemungkinan dapat terjadi setelah masuknya pendaftaran pertama, misalnya muncul pendaftar lain yang sebenarnya berkepentingan langsung dengan merek tersebut, sebab pendaftar inilah yang secara riil menggunakan barang tersebut.

Dalam hal demikian, pendaftar kemudian (notabene pengguna merek sebenarnya) harus melakukan “Penyelesaian khusus” dengan pendaftar pertama agar pendaftar pertama mau menyerahkan merek tersebut kepada pendaftar kemudian (Purba, 2005). Hal-hal seperti ini lah yang menjadi permasalahan utama dalam sistem pendaftaran konstitutif.

Bentrokan antara keadilan dan kepastian hukum terjadi pada sistem konstitutif pendaftaran merek. Dalam rangka memberikan jaminan kepastian hukum, ada hak-hak perseorangan yang tidak terpenuhi.

Hal ini dapat dilihat sebagaimana kasus yang pendaftaran merek milik beberapa pengusaha di Yogyakarta, sebagaimana diberitakan dalam Harian Kompas, ada beberapa merek dagang milik pengusaha DIY yang telah didaftarkan orang lain.

Dagadu misalnya, sebagai salah satu merek yang sangat identik dengan kota Yogyakarta, ternyata telah didaftarkan oleh orang lain di Jakarta (Kompas Yogyakarta, Senin 22 Juni 2009).

Melihat perjalanan sejarah pengaturan perlindungan merek di Indonesia, sistem pendaftaran konstitutif memang merupakan pilihan sistem yang paling baik, karena dapat mewujudkan kepastian hukum.